Pages

Ads 468x60px

Labels

Sabtu, 02 Maret 2013

TIPS DAN TRIK MEMASAK TELUR MATA SAPI


 
:
Metode lembut
Telur ini bisa dikatakan setengah matang. Cara membuatnya, panaskan wajan antilengket dengan panas tinggi selama satu menit kemudian lelehkan mentega. Pecahkan kulit telur dan masukkan isinya ke dalam wajan, jangan lupa pindahkan panas api menjadi medium. Masukkan sekira 1,5 sendok makan air ke dalam wajan, tutup wajan.
Biarkan selama 30 detik hingga air menguap. Ketika akan menyajikannya di piring, jangan diangkat tetapi geser menggunkanan sendok langsung ke piring dan taburi garam. Hasilnya adalah telur ceplok yang lembut, masih berwarna putih, dan bisa disendoki.

Metode tanpa ditutup
Panaskan wajan antilengket dengan suhu tinggi. Tuangkan minyak zaitun lalu panaskan hingga terlihat mengkilat. Pecahkan cangkang telur, masukkan ke wajan yang telah dikecilkan apinya. Sendok-sendoki minyak panas ke atas telur, ingat fokus hanya pada putih telur bukan kuningnya.

Atau, Anda bisa juga segera menutup wajan ketika telur di dalamnya, lalu pindahkan ke piring jika putih telur sudah terlihat renyah. Terakhir, jangan lupa taburi garam. Hasilnya, telur yang renyah, bagian bawah berwarna kecoklatan sedangkan sisi luarnya renyah tetapi kuning dan masih berair.

Metode tekan
Panaskan setengah sendok makan mentega dalam wajan antilengket dengan panas medium hingga tinggi. Ketiga mentega mulai berbuih dan berasap, masukkan telur ke dalam wajan. Bumbui dengan garam dan merica.
Segera balik telur begitu bagian pinggirnya berwarna kecoklatan dan agak keras. Tekan telur menggunakan spatula di daerah putih telur yang tebal sehingga basah meleleh ke wajan dan proses masak menjadi lebih cepat. Taburi kembali dengan garam dan merica

Ketika telur telah matang, segera pindahkan ke atas roti sandwich yang telah dipanggang. Hasilnya adalah putih telur renyah dan kuning telur yang meleleh.

Metode oven
Panaskan oven hingga suhu 205 derajat Celsius. Sementara itu, panaskan satu sendok minyak zaitun ke dalam pinggan tahan panas dengan api sedang di atas kompor. Ketika minyak mulai hangat tetapi tidak panas, pecahkan telur ke dalamnya. Biarkan, dan masak hanya hingga putih telur berubah tekstur lalu pindah ke oven dan panggang sampai putih telur matang sepenuhnya, sekira 3 menit.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text