Pages

Ads 468x60px

Labels

Rabu, 09 Januari 2013

RESEP BAKPAO


bakpao kacang hijau


Bahan Membuat Bakpao Kacang Hijau
Bahan A
tepung terigu 500 gr
ragi 2 sdt
air 200 ml
Bahan B
tepung terigu 500 gr
gula pasir 250 gr
mentega putih 40 gr
baking powder 2 sdt
garam 1 sdt
air 200 ml
Bahan is Bakpao :
kacang hijau 100 g  tanpa kulit, rendam semalam
gula pasir 75 g
santan 50 ml
daun pandan 2 lbr
vanili/4 sdt
garam 1/4 sdt
Cara Membuat Isi bakpo:
Rebus kacang hijau dengan  air secukupnya serta  daun pandan hingga empuk. masukkan santan, gula pasir, garam dan  vanili bubuk. Rebus  dan tunggu sampai airnya mengering dan kacang mulai menggumpal. Angkat dan tiriskan untuk isi bakpao
Cara Membuat Bakpao Kacang Ijo

  • Bahan A: Campurkan tepung terigu, ragi  dan air kedalam wadah yang telah dipersiapkan kemudian aduk sampai adonan tercampur rata. Tutupi wadah yang berisi adonan memakai kain lap bersih biarkan agar mengembang sekitar 3 jam, sisihkan .
  • Bahan B : Campurkan tepung terigu,  gula pasir, baking powder, mentega, garam, dan air  lalu uleni adonan menggunakan tangan sampai semua bahan tercampur rata kemudian masukan adonan ke daLam adonan tepung ragi. Uleni kembali sampai adonan menjadi kalis dan tak lengket pada tangan. Tutupi adonan memakai lap yang sedikit basah dan bersih, diamkan lagi selama 1 jam agar mengembang .
  • Sesudah adonan mengembang pukul pukul dan uleni kembali adonan agar semua udara  terbuang dari adonan.
  • Bentuk adonan menjadi bulat besar kemudian potong adonan dan timbang dengan berat 30 g kemudian pipihkan. Isi adonan dengan isi bakpo lalu bulatkan. Letakan di atas kertas roti yang berukuran sesuai bakpao.  Biarkan mengembang selama 20 menit
  • Panaskan dandang / pengukus kemudian masukan dan susun bakpo ke dalamnya bungkus tutup dandang dengan kain bersih agar air tidak menetes. Kukus Kue bakpao dengan  api sedang selama 15 menit sampai matang dan mengembang. Angkat bakpao, nikmati selagi hangat.
Kue bakpao ini selain enak dijadikan sarapan pagi tapi juga enak dinikmati sebagai cemilan atau teman santai minum teh bersama teman dan keluarga. Selamat mencoba resep membuat bakpao kacang hijau enak. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. kak mau nanya,dulu saya pernah bikin bakpao,udah di rendam semalaman,tapi pas di rebus dia masi keras,kenapa ya kak?

    pekku.com

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text